Komunikasi Pendidikan

Thursday 11 July 2013



KOMUNIKASI PENDIDIKAN

Artikel ini saya susun berdasarkan materi kuliah Komunikasi Pendidikan pada semester V.

Pengertian Komunikasi Pendidikan

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepeda komunikan melalui media suara, benda visual maupun audio sehingga dapat menimbulkan respon.

Unsur-unsur komunikasi :
1.      Komunikator
2.      Komunikan
3.      Peran
4.      Media suara, benda visual, audio
5.      Respon

Gaya Belajar Murid

Gaya belajar murid, dibedakan menjadi 3 yaitu:
1.      Visual Learners
Murid yang termasuk visual Learners paling baik belaajar dengan melihat informasi. Pada umumnya visual Learner memiliki ciri ciri: rapi, sangat mementingkan penampilan, detail. Dalam belajar, mereka sangat mengandalkan penglihatan.
Tips dalam menghadapi Visual Learners:
·         Dalam Pembelajaran, gunakan alat bantu seperti buku teks, peta, grafik dll
·         Usahakan papan tulis tidak kosong
·         Tempatkan murid tersebut di depan, agar tidak menghalangi penglihatan

2.      Auditory learner
Murid yang termasuk auditory learner paling baik belajar dengan mendengar. Mereka dapat mengingat detail pembicaraan dan ceramah. Pada umumnya, auditory learner memiliki ciri-ciri: tidak rapi, cuek, santai, cerewet, pendengar yang baik.
      Tips untuk menghadapi Auditory learner:
·         Beri penjelasan materi secara lisan
·         Dorong mereka untuk membaca buku teks dengan keras

3.      Kinesthetic Learners
Murid yang termasuk kinesthetic Learners paling baik belajar dengan melakukan  (learning by doing). Pada umumnya, kinesthetic Learners memiliki ciri-ciri : aktif bergerak, suka berisik, jail, dan banyak bertanya.
Tips dalam menghadapi Kinesthetic Learners:
·         Libatkan mereka dalam kegiatan kelas, mmisalnya:pada nsaat kita membagikan buku, libatkan mereka dengan menyuruhnya untuk membagi buku tersebut kepada temannya.



Prinsip Komunikasi Ampuh

Prinsip komunikasi ada 2, yaitu:

  1. Verbal (secara lisan)
    • Munculkan kesan
Dalam berkomunikasi, hendaknya kita memberikan kesan yang baik. Agar komunikan tertarik untuk mendengarkan informasi yang kita berikan.
·         Arahkan Fokus
Sebaiknya dalam pembelajaran, jangan menggunakan kata “ jangan “. Karena kata ini sangat berpengaruh pada siswa.
·         Inklusif
Dalam pembelajaran, hendaknya memakai kata-kata positif seperti : mari, ayo, kita.
·         Spesifik

  1. Non Verbal
·         Kontak mata (7%)
·         Nada dan suara (38%)
·         Bahasa tubuh (55%)
           
Landasan komunikasi :

1.      Kebersamaan
Contoh : Membuat kontrak belajar dengan murid sebelum pelajaran dimulai
2.      Kerja sama
3.      Kekompakan
4.      Kreativitas
5.      Strategi
6.      Kesabaran

Tujuan Landasan Komunikasi :

  1. Untuk memperoleh landasan yang kokoh
  2. Setinggi-tingginya
  3. Seindah-indahnya

Tips :

  1. Integritas
Ciri : Jujur, tulus, nilai dan pereilaku selaras

SALAM QT :
v  Saya adalah guru yang terbaik
v  Murid saya adalah murid yang terbaik
v  Tempat mengabdi adalah tempat yang terbaik
  1. Komitmen : Penuhi janji
  2. Tanggung jawab : Kewajiban
  3. Bicara dengan niat baik
Ø  Gunakan kata-kata positif, hindarilah gossip !
  1. Luwes :Terbuka dengan perubahan
  2. Kegagalan awal kesuksesan
Karena semua hal yang terjadi itu adalah suatu proses.
  1. Hidup untuk saat ini
Jangan melihat ke belakang (peristiwa yang sudah terjadi ), dan melihat terlalu ke depan (masa depan ). Pikirkan dan lakukan hal-hal yang harus dilakukan saat ini.
  1. Keseimbanngan

Membangun Komunikasi efektif dan menyenangkan :

  1. Adanya kekuatan niat
*      Niat mendidik jelas
*      Percaya pada kemampuan siswa
*      Percaya bahwa setiap siswa akan berhasil
  1. Libatkan emosi dalam belajar
  2. Jalin rasa simpati dan pengertian
  3. Rasa saling memiliki
  4. Keriangan dan ketakjuban
  5. Ambil resiko dan keluar dari zona nyaman
  6. Keteladanan




 

     



No comments:

Post a Comment